Ilmu
Komputer
• CSAB (Computing
Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu
Komputer adalah ilmu pengetahuan
yang berhubungan dengan komputer dan komputasi.
Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk
didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
–
Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
–
Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
–
Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
–
Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.
• Peter J.
Denning mendefinisikan Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik
yang menjelaskan dan mentrasformasikan
informasi, baik itu berhubungan dengan
teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun
aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Dennings juga mengklasifikasi
bidang ilmu komputer yang terbagi dalam
12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu : Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and
Data Structures) Arsitektur (Architecture) Rekayasa Perangkat Lunak
(Software Engineering) Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial
Intelligence and Robotics)
Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer
Interaction) Organisasi Informatika (Organizational Informatics) Bahasa
Pemrograman (Programming Languages) Sistem Operasi dan Jaringan (Operating
Systems and Networks) Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database
and Information Retrieval Systems) Grafika Komputer (Computer
graphics) Ilmu Komputasi (Computational Sciences) BioInformatik (BioInformatics)
Keterkaitan
Bidang Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti
:
• Ilmu Informasi adalah
ilmu yang mempelajari data dan informasi,
mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil
kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai
dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
• Rekayasa Perangkat
Lunak menekankan analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat lunak
menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru.
• Sistem Informasi adalah
aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi,
instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi
Manajemen adalah kunci dari bidang yangmenekankan finansial dan personal
manajemen.
• Rekayasa Komputer adalah
ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras
komputer.
• Keamanan Informasi
adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem
informasi (termasuk kriptografi).
MANFAAT KOMPUTER
• Bidang
Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali
sebagai CBE(Computer Based Education). Menurut pendapat Robert
Taylor, peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian
yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE.
Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan
pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses
pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan
komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses
pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan
sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan
bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut
dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu
dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library)
atau buku elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita bisa mencari koleksi perpustakaan berupa
buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Bahkan
kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal
dengan elektronic learning (e-learning).
Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat
internet atau semacam universitas terbuka. Kita bias belajar lewat buku-buku
atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga
bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video
conference (teleconference).
• Bidang Industri
dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol
mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical
Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided
Manufacture), CAD (Computer Aided
Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik,
misal sebuah mesin serba guna dalam
industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol
komputer, misalnya melakukan pewarnaan,
membuat border, dan sebagainnya. Selain itu
industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam
sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan
manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip
pada motherboard komputer, memasang
komponen-komponen pada perangakat
elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan merakit
kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat
lain telah dikontrol oleh komputer.
• Bidang Bisnis
dan Perbankan
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa
komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun
insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management
Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah
banyak diterapkan pada perusahaan yang
bergerak bidang perdagangan barang dan
jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti
department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga
mesin tersebut dapat dikontrol oleh
pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode
barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core
banking, seperti Finacle, yang memberikan
solusi bagi bank yang ingin melakukan
layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti
e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya merupakan
contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.
• Bidang Teknik
dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan
yang sulit dan membutuhkan presisi
tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh
manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli biasanya akan mengadakan
simulasi dengan komputer sebelum menguji
coba sesungguhnya dari hasil temuannya,
misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga
bisa digunakan untuk bidang ilmu
pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan
struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah
banyak yang dilengkapi dengan kontrol
komputer untuk mengusahakan ketelitian
kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan
kekuatan kunstruksi bangunan, bidang
arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
• Bidang
Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian
pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan
kecepatan. Komputer juga digunakan untuk
mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan
mempelajari keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali.
Untuk navigasi kapal laut dan kapal
selam, untuk melakukan simulasi
peperangan, dan melakukan pengiriman sandi- sandi rahasia militer.
• Bidang
Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong
jiwa manusia, dan riset bidang
kedokteran. Komputer digunakan untuk
mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh
manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial
Tomography) untuk menggambar struktur
otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan
untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor),
yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon
Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan
gas radiokatif untuk mendeteksi
partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position
Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan
gambar yang mempergunakan isotop
radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik
mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus
(pusat atom) dari atom hydrogen. Saat ini telah ada temuan baru yaitu
komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.
• Bidang
Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support
system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan
dengan cepat dan tepat, misalnya
mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain
yang digunakan untuk bidang kriminalitas
adalah :
PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System),
yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang paling penting dan
dapat memberikan informasi mengenai
bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke pengadilan. CATCH (Computer-Assisted
Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail
dari orang-orang yang dicurigai dan akan
tampil di layer komputer. MOTION (Metropolitan Orleans Total Information
Online Network), menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah
terlibat kejahatan berupa data pribadi,
nama samaran, sidik jari, dan foto dari
berbagai sudut. ARJIS (Automated Reginal Justice Information System), menyediakan
informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
• Bidang
Entertainment dan Games
Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang- bidang
pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk
bermain musik. Di bidang Permainan
komputer bisa digunakan untuk permainan
(games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan
special efect. Bahkan kita dapat
bermain dengan teman dalam satu
komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain
catur dan kartu.
• Bidang Komunikasi
Jaringan Global (Internet)
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut dengan internet,
rasanya manusia yang menggunakan
internet seolah bisa “menggengam dunia”.
Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada
internet baik yang gratis maupun membayar.
Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi
data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi
audiovisual secara langsung. Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja
yang dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan,
belanja atau pembayaran on-line, chatting,
memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya
jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari
jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
• Bidang
Pemerintahan
Hampir setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah
menggunakan komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi
tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan
dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan
lain sebagainya.
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang
dapat meningkatkan hubungan antara
Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian
menghasilkan hubungan bentuk baru
seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business
Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan saat ini dengan adanya e-government, komputer memiliki
peran yang sangat penting bagi
pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan
pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis,
memperkenalkan potensi wilayah dan
pariwisata, dan sebagainya. Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa
yang akan datang akan digunakan untuk
pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum (E-voting) Selain itu
masyarakat bisa menyampaikan aspirasi
secara langsung kepada para eksekutif dan legislative pemerintah melalui e-mail atau elektronik forum melalui
web yang dibangun pemerintah setempat