SSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

Your description goes here

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Point Blank
Ninja Saga
Bantu Kami

About Me

Foto Saya
rama-az.blogger.com
padang, padang, Indonesia
blog ini berguna untuk mebantu teman semua.,., mudah-mudahan dapat membantu teman semua.,.,!!!!!
Lihat profil lengkapku

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Point Balnk

Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force).

Ninja Saga

Ninja Saga adalah permainan online yang dapat dimainkan melalui jejaring sosial Facebook, MySpace, dan Orkut. Banyak hal dalam permainan ini, seperti layout, animasi, skill, dan hal lainnya yang disadur dari serial Anime dan Manga Naruto. Permainan ini resmi dirilis pada bulan Juli 2009.

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

                                                                Ilmu Komputer
•   CSAB (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) mendefinisikan Ilmu Komputer adalah  ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan  komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan  pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
                – Teori-teori untuk memahami komputer device, program,  dan sistem
                – Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan  konsep
                – Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk  merealisasikannya
            – Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa  realisasi sudah sesuai dengan   requirement yang diminta.
•   Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer adalah  studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan  dan mentrasformasikan informasi, baik itu berhubungan  dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Dennings juga mengklasifikasi bidang  ilmu komputer yang terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :  Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures) Arsitektur (Architecture) Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics)
Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction) Organisasi Informatika (Organizational Informatics) Bahasa Pemrograman (Programming Languages) Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks) Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems) Grafika Komputer (Computer graphics) Ilmu Komputasi (Computational Sciences) BioInformatik (BioInformatics)
                Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti :
•   Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan  informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu  informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
•   Rekayasa Perangkat Lunak menekankan analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat lunak menggunakan alat-alat dan cara kerja yang baru.
•   Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yangmenekankan finansial dan personal manajemen.
•   Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
•   Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi).
MANFAAT KOMPUTER
•  Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE(Computer Based Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu  TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer  menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi kemudahan dalam mencari dan  menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu dengan adanya perpustakaan  elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book). Dengan adanya Internet kita  bisa mencari koleksi perpustakaan berupa buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui internet yang dikenal dengan elektronic  learning (e-learning). Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bias belajar lewat buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk teks dan gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet, atau bahkan secara video conference (teleconference).
•   Bidang Industri dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan  dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin  serba guna dalam industri metal. Banyak pula mesin-mesin dalam  industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya  melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain  itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara  otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk  memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada  motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada  perangakat elektornik seperti televisi, radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat  berat lain telah dikontrol oleh komputer.
•  Bidang Bisnis dan Perbankan
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer  akan sangat penting untuk  kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan  tepat.Sistem Informasi Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak  diterapkan pada perusahaan yang bergerak bidang perdagangan  barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, bahkan  perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang  dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat  dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara  cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori dan sebagainya.
Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi core banking, seperti Finacle, yang   memberikan solusi bagi bank yang ingin  melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya  merupakan contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.
•  Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan  membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan  oleh manusia. Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian  dan riset. Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan  komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil  temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir, membuat  model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa digunakan  untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari  keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak  yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan  ketelitian kerja pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer  digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi  bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi  gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.
•  Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di bidang penerbangan dan luar angkasa komputer  digunakan untuk mengontrol kendali pesawat  menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan  untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan  awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari  keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk  mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk  navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan  simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi- sandi rahasia militer.
•  Bidang Kedokteran
Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong  jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan  untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar  struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak  bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif  untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam  bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan  gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan  cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA,  yang mampu  mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat.
•  Bidang Kriminalitas
Komputer dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat  mempelajari fakta dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan  tepat, misalnya mendeteksi pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik  jari, dan sebagainya. Sistem komputer lain yang digunakan untuk  bidang kriminalitas adalah :
PROMIS (Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat memberikan informasi mengenai masalah-masalah  kriminalitas mana yang paling penting dan dapat memberikan  informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk dibawa ke  pengadilan. CATCH (Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan  informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang  yang dicurigai dan akan tampil di layer komputer. MOTION (Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat  kejahatan berupa data pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto  dari berbagai sudut. ARJIS (Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
•  Bidang Entertainment dan Games
Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang- bidang pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak  yang digunakan untuk bidang entertainment dan  permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan  animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain  musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan  untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi  dengan audiovisual yang menarik dan memberikan  special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman  dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan  dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan  kartu.


•  Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan adanya komunikasi jaringan global pada  komputer yang biasa disebut dengan internet, rasanya  manusia yang menggunakan internet seolah bisa  “menggengam dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan  tersedia pada internet baik yang gratis maupun  membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan  komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan  komunikasi audiovisual secara langsung. Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku  dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau  pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar informasi dan  data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan  sebagainya.
•  Bidang Pemerintahan
Hampir setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat  meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan  bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Bahkan saat ini  dengan adanya e-government, komputer memiliki peran yang sangat  penting bagi pemerintah untuk melakukan sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat, termasuk kerjasama antar  pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis, memperkenalkan potensi  wilayah dan pariwisata, dan sebagainya. Dimungkinkan bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang  akan digunakan untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk  pemilihan umum (E-voting) Selain itu masyarakat bisa menyampaikan  aspirasi secara langsung kepada para eksekutif dan legislative pemerintah  melalui e-mail atau elektronik forum melalui web yang dibangun pemerintah setempat


Leave a Reply

Kode iklan yang sudah di parse