SSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

Your description goes here

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Point Blank
Ninja Saga
Bantu Kami

About Me

Foto Saya
rama-az.blogger.com
padang, padang, Indonesia
blog ini berguna untuk mebantu teman semua.,., mudah-mudahan dapat membantu teman semua.,.,!!!!!
Lihat profil lengkapku

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Point Balnk

Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force).

Ninja Saga

Ninja Saga adalah permainan online yang dapat dimainkan melalui jejaring sosial Facebook, MySpace, dan Orkut. Banyak hal dalam permainan ini, seperti layout, animasi, skill, dan hal lainnya yang disadur dari serial Anime dan Manga Naruto. Permainan ini resmi dirilis pada bulan Juli 2009.

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Perkembangan Perangkat Lunak (Software)

Konsep Software
Perangkat lunak (software) adalah perangkat abstrak yang merupakan bagian utama selain hardware dari sistem komputer. Tanpa suatu software, komputer adalah sebuah rongsokan elektronik, yang tidak berguna sama sekali. Hardware komputer akan “hidup” dan memiliki fungsi jika digunakan bersama-sama dengan software-nya.

Bentuk paling primitif dari Perangkat lunak adalah menggunakan aljabar Boolean, yang direpresentasikan dalam binary digit (bit), yaitu bernilai 1 (benar/on) atau 0 (salah/off), yang kemudian dikelompokkan menjadi  4-bit (nible), 8-bit (byte), 16-bit (word), 32-bit (double word), 64-bit, dan seterusnya. Dari dasar bilangan biner  itulah sebuah program assembler dibentuk untuk membuat software-software yang lain.  Jadi perangkat lunak yang ada hingga saat ini konsep dasarnya dibentuk dari  sebuah kode-kode biner yang kemudian di kemas dalam sebuah  bahasa mesin (machine language), bahasa assembler, bahasa C, dan  sebagainya, hingga menjadi software-software yang mudah  dimanfaatkan oleh pengguna komputer.

Evolusi Perangkat Lunak  
Evolusi perangkat lunak secara garis besar dibedakan menjadi era sebelum adanya komputer  dan setelah adanya komputer.
•     Era perangkat lunak sebelum adanya komputer di bedakan menjadi dua era yaitu :
–   Era primitif (+ 300 SM), dimana perangkat lunak dibuat dengan melakukan petunjuk-petunjuk sederhana dengan menggunakan kode-kode gerak sejenis semaphore.
–   Era Mekanis (1840-an – 1930-an) yang diterapkan pada peralatan Analytical Engine dan pemakaian mesin kartu plong (punch card).
•     Sedangkan era perangkat lunak setelah adanya komputer yang berarti menggunakan  teknologi elektronis dibedakan menjadi :
–   Era Pioner (1940 – 1960), bentuk perangkat lunak masih berupa sambungan- sambungan kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Ciri-ciri lain dari era pioneer ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch), distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
–   Era Stabil (1960-1980), komputer sudah diproduksi secara massal dan perangkat  lunak sudah bisa menjalankan beberapa fungsi proses secara serampak (multitasking). Ciri yang lain dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah, sudah menggunakan sistem database.
–   Era Mikro (1980 -1990) , perangkat lunak diproduksi untuk kebutuhan komputer  jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak  digunakan untuk kebutan pribadi (home), bersifat automasi untuk kecerdasan buatan  (artifical intelegent).
–   Era Modern (1990 - ? ), memiliki ciri perangkat lunak berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi objek, sistem pakar, pemrosesan paralel, dan dapat  berkomunikasi jaringan global.

Perangkat Lunak Sistem Operasi
Jenis Software komputer dibagi menjadi software sistem operasi dan  aplikasi. Software Aplikasi seperti bahasa pemrograman, software program aplikasi, software paket aplikasi, software utilitas, serta software games dan multimedia.  

Perangkat lunak Sistem operasi (operating system/OS) mempunyai dua fungsi utama yakni:  Pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer (resource  manager). Mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem  komputer baik fisik seperti monitor, processor, dan sebagainya, maupun non fisik (abstrak) yaitu data dan program.  

Sistem operasi sebagai penyedia layanan (extended/virtual machine) ,  yaitu sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem  call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan  penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.  yaitu sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut sistem  call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan  penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

I. UNIX
1969 UNIX lahir pada PDP-7 ,1971 UNIX Versi 1, pada DEC PDP-11/20 , 1973      UNIX Versi 4, dalam bahasa C, dibentuk  kelompok PWB (Programmer's   Workbench) dan USG (UNIX  Suport  Group) , 1974      UNIX Versi 5, untuk pendidikan   1975 , UNIX Versi 6, disebar ke litbang  Universitas  muncul versi BSD (Berkeley Software Distributions) ,1979     UNIX Versi 7, portable dan dilengkapi  dengan  kompiler C dan Bourne Shell       1982 UNIX System III, Gabungan PWB dan USG ,1983      UNIX System V, ditambahkan versi  BSD,  seperti vi dan C shell

Perkembangan selanjutnya yang sampai saat ini  masih mendominasi pemakaian sistem operasi  keturunan UNIX adalah dengan keluarnya Digital UNIX, HP-UX, IBM AIX, Sun Solaris, dan lainnya. Sedangkan yang bersifat Proprietary (misalnya: DIGITAL OpenVMS, IBM OS/400,  SGI IRIX, dan lainnya).

II. LINUX
Linux adalah sebuah program (sistem operasi) open source yang gratis dibawah lisensi GNU, sistem beroperasi pada 32-64 bit, yang merupakan turunan dari  UNIX dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform hardware mulai dari  Intel (x86) hingga prosesor RISC. GNU (GNU's Not Unix, GNU Bukan Unix).

Beberapa alasan yang menjadikan sistem operasi Linux sangat terkenal pada saat ini adalah :
•     Bisa didapatkan secara gratis, dan di-support untuk pengembanan bebas di internet  oleh siapapun. Bandingkan dengan harga software-software milik Microsoft, windows misalnya harganya selangit.
•     Fitur-fiturnya semakin lengkap, dengan tampilan yang windows-oriented (GUI) sehingga  semakin mudah digunakan (user friendly).
•     Berjalan di berbagai platform termasuk Intel.
•     Di Dukung software program dan utilitas yang semakin lengkap.
•     Dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
•     bersifat multi user, multi tasking, dan internet base.
•     sistem keamanan  jaringan dan data yang lebih baik.
•     Berjalan pada sistem arsitektur 16/32-bit.
•     Banyak variant dari Linux, sehingga kita bisa leluasa memilihnya.
•     Karena merupakan sistem operasi bebas dan dukungan para penggemar linux, linux berkembang sangat cepat  apalagi bangsa-bangsa dinegara maju seperti eropa hampir kebanyakan memanfaatkan Linux dibanding windows.

Sejarah Linux itu sendiridimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia bernama  Linus Benedict Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam  kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC. Logo Linux yang digunakan adalah  Tux atau penguin, digunakan  penguin sebagai logo ceritanya saat Torvald berjalan- jalan dengan rekannya Andrew Tridgell (penyusun  samba, yaitu sebuah program yang memungkinkan  mesin UNIX termasuk linux berkomunikasi dengan  windows dalam sebuah jaringan), tiba-tiba Torvald  dipatok pingun, dan semenjak itu ia mengalami demam  berhari-hari. Dia berpikir, bahwa karakter itu yang cocok untuk mewakili Linux.

Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering  disebut Distro). Distro adalah bundel dari kernel Linux, beserta sistem dasar linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang  bermanfaat  sesuai  dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali  distro Linux, diantaranya :RedHat, Debian, Slackware, SuSE, Mandrake, WinLinux, Caldera, Turbo Linux dan  masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.

• Sistem Operasi Lain
Sebenarnya masih banyak sistem operasi lain yang ada, namun kurang begitu populer
dibanding seperti diatas. Misalnya OS/360 yang digunakan pada komputer IBM mainframe tahun 1964, CP/M (Control Program/Microprocessor) untuk komputer   bit, DOS (Disk Operating System) milik IBM yang kemudian diadopsi Microsoft, Symbian, Novell Netware, Machintos  berbasis GUI pertama kali untuk komputer  Apple, dan sebagainya.

Perangkat Lunak Aplikasi
Bahasa Pemrograman. Bahasa pemrograman  adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram  komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa  yaitu :
·         bahasa tingkat rendah (low level language), contoh bahasa  mesin (machine language)
·         bahasa tingkat menengah (middle level language) contoh Assembler
·         bahasa tingkat tinggi (high level language) contoh Pascal, C, Fortran, COBOL, BASIC, kemudian bahasa yangberbasis XBase, Visual, .NET, dll.
Paket Aplikasi. Merupakan software aplikasi yang  berupa paket dengan tujuan khusus. seperti MS-Word, MS-Excel, Corel Draw, PhotoShop, dan masih banyak  lagi.

Klasifikasi Komputer
I. Komputer Berdasarkan Tujuan Pemakaian
Special-purpose Computer  merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk  tujuan-tujuan pemakaian pada  masalah khusus yang biasanya  hanya berupa satu masalah saja.  Special-purpose Computer merupakan jenis komputer yang dirancang dan digunakan untuk  tujuan-tujuan pemakaian pada  masalah khusus yang biasanya  hanya berupa satu masalah saja.

•  General-Purpose Computer
digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Dapat  digunakan untuk menyelesaikan  program yang bermacam-macam  dan jenis permasalahan yang berbeda seperti untuk pengolah  kata, grafis, permainan dan lain- lain Yang termasuk jenis  komputer ini adalah komputer  digital PC (Personal Computer) yang biasa kita pakai dirumah, dikantor, atau disekolah. Namun  ada juga komputer jenis analog yang tergolong general-purpose.

II. Komputer Berdasarkan data yang Diolah
•  Komputer Analog. Digunakan untuk mengolah data yang  sifatnya berkelanjutan dan bukan data yang berupa angka, melainkan dalam bentuk pisik seperti arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dan sebagainya. Kelebihan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan  dapat langsung mengukur data tersebut tanpa harus dikonversi dulu  sehingga prosesnya lebih cepat. Keluarannya biasanya berupa grafik  atau bentuk dial. Contoh besaran pada arus listrik yang berupa  gambar-gambar grafik sinyal .
Komputer Digital. Data dalam komputer digital berupa angka atau  huruf. Komputer jenis ini biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan  teknik, contohnya komputer PC yang umum digunakan orang. Keunggulan komputer digital adalah :  Proses data lebih tepat dibandingkan komputer analog.  Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses. Dapat melakukan operasi logika. Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi dan dihapus. Output yang dihasilkan dapat berupa angka, huruf, grafik atau gambar.

•  Komputer Hybrid.
Komputer hybrid  merupakan kombinasi  komputer analog dan  digital. Digunakan pada aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebih cepat daripada  komputer analog dan  lebih tepat daripada   komputer digital.

III. Komputer Berdasarkan Ukuran dan Kemampuannya
Saat ini ukuran fisik komputer agak sulit dijadikan  patokan atas kemampuan atau kapasitasnya. Sebab   ukuran komputer mikro atau bahkan Notebook saat ini bisa melebihi kemampuan dari mini komputer yang ada  sekitar tahun 1970-an. Namun kita bisa melakukan  perbandingan pada masa generasi yang sama. 

Selain  bentuk fisiknya, kemampuan yang diukur biasanya  ditunjukkan atas kemampuan kapasitas memori, kapasitas  penyimpanan storage (harddisk), dan kemampuan laju  prosesornya, serta ukuran fisik komputer itu sendiri. Untuk itu  dibedakan menjadi Komputer Super (super computer), Komputer Besar (large computer), Komputer Menengah  (midle computer), Komputer Kecil (Small Computer), Komputer Mini (mini computer), dan Komputer Mikro (micro computer). Semakin besar ukuran komputer akan semakin  besar jumlah memori, kapasitas penyimpan, dan jumlah  prosesornya.



Leave a Reply

Kode iklan yang sudah di parse